Kain Kafan Turin dikenal sebagai kain kafan bekas penguburan Yesus Kristus. Ini telah menjadi peninggalan religius sejak Abad Pertengahan. Bagi orang-orang percaya, itu adalah bukti nyata bahwa Kristus dibangkitkan dari kubur, sedangkan mereka yang skeptis mengganggapnya sebagai bukti kebodohan manusia dan salah satu tipu daya terbesar dalam sejarah seni. Tidak ada yang bisa membuktikan bahwa itu adalah kain penguburan Yesus dari Nazaret, namun bercak darah yang membentuk tubuh seorang pria terluka menjadi bukti yang cukup menguatkan iman kaum Nasrani. Kain Kafan Turin membentuk citra negatif seorang pria dengan kedua tangan terlipat. Kain linennya berukuran panjang 437 cm dan lebar 111 cm. Kain kafan itu memiliki bayangan seorang pria dengan luka yang serupa dengan yang diderita oleh Yesus. Kain kafan itu dibungkus dengan sutera merah dan disimpan di sebuah peti perak di Kapel Kafan Suci di Katedral St. Yohanes Pembaptis di Turin, Italia sejak tahun 1578.
Kemunculan pertamanya terjadi di tahun 1357, di dusun Lirey di Prancis. Kemudian dibawa ke Chambéry, di wilayah Savoy negara itu pada tahun 1457, dan pada tahun 1532 kain kafan itu hampir hancur dalam api yang dahsyat. Kejadian ini meninggalkan bekas hangus di sudut lipatan kain, dan pada tahun 1578 dibawa ke Turin dimana ia tinggal sejak saat itu. Gereja Katolik yakin bahwa kain kafan itu benar-benar memiliki catatan fisik tubuh Kristus yang menakjubkan, dan kain itu sekarang hanya diperlihatkan ke publik pada kesempatan langka.
Pada bulan Oktober 1978, Kelompok ilmiah AS yang memeriksa kain kafan tersebut, melaporkan bahwa gambar di kain itu bukan hasil dari lukisan. "Menurut perkiraan mereka, pria di kain kafan tersebut tidak dilukis pada kain dan oksidasi tertentu secara selektif menghitamkan benang sehingga mencetak gambar seorang pria dengan detail yang akurat saat diperbesar 1.000 kali.
Pada tahun 1988, Tahta Suci mengizinkan relik tersebut untuk tes penanggalan radiokarbon secara independen oleh tiga institusi penelitian yang terpisah, yaitu Universitas Oxford, Universitas Arizona, dan Institut Teknologi Federal Swiss. Semua laboratorium menggunakan sampel yang sama, sepotong kain hanya 1 sentimeter dengan 5,7 sentimeter, diambil dari sudut kafan, untuk pengujian. Kesimpulan dari tes tersebut menyatakan bahwa objek tersebut berasal dari diantara tahun 1260 dan 1390. Hal ini membuktikan bahwa kain tersebut bukan kain kafan Kristus, namun pemalsuan abad pertengahan.
Namun, penelitian baru-baru ini banyak meragukan validitas tes radiokarbon 1988. Sebuah makalah oleh ahli kimia Raymond N. Rogers yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Thermochimica Acta edisi Januari 2005, menunjukkan bahwa sampel kain yang digunakan untuk penanggalan radiokarbon tidak valid. Pengujian kimia menemukan bahwa sampel radiokarbon memiliki sifat kimia yang sama sekali berbeda dengan kain kafan tersebut, Menurut Roger, sampel yang digunakan untuk penanggalan radiokarbon harus berasal dari potongan salah satu tambalan yang digunakan untuk memperbaiki kain setelah kebakaran 1532. Rogers menyimpulkan, berdasarkan analisis kimianya didapati bahwa kain itu setidaknya berusia 1.300 tahun.
Selama restorasi tahun 2002, bagian belakang kain kontroversial itu dipotret dan dipindai untuk pertama kalinya. Pada tahun 2004, Institut Fisika di London menerbitkan sebuah artikel di Journal of Optics A, yang mengungkapkan hasil analisis foto-foto tersebut. Dengan menggunakan teknik pengolahan citra, ilmuwan Italia Giulio Fanti dan Roberto Maggiolio dari Universitas Padova mengidentifikasi gambar samar dan samar di balik kain, terutama di daerah wajah dan tangan. Gambar kedua ini sesuai dengan yang ada di bagian depan kain, sehingga tidak mungkin cat merembes dari depan. Ini juga akan membantah teori bahwa gambar pada kain kafan itu dibuat dengan menggunakan metode fotografi awal.
Sumber: dailymail.co.uk |
Dengan mempelajari ukuran dan bentuk luka, kita dapat menyimpulkan bahwa luka ini bisa disebabkan oleh Tombak Tentara Romawi. Selain itu, dengan mengukur sudut aliran darah kering di pergelangan tangan, seseorang dapat merekonstruksi sudut di mana orang ini tergantung dari salib. Ia tergantung dari posisi 65 derajat dari horisontal.
Banyak kritik tentang keaslian kain kafan dan gambarnya berpendapat bahwa lukisan itu tidak lebih dari lukisan abad pertengahan yang telah dilukis dengan baik. Beberapa orang skeptis bahkan mengklaim bahwa gambar kafan itu dicat oleh Leonardo da Vinci (1452-1519). Argumen semacam langsung ditolak karena seniman agung itu lahir pada tahun 1452, hampir seratus tahun setelah kain kafan tersebut dipamerkan di Lirey pada tahun 1357.
Pada simposium ilmiah yang dilakukan di Roma pada tahun 1993, Isabel H. Piczek dari Los Angeles mempresentasikan kesimpulannya bahwa kain kontroversial tersebut tidak dan tidak bisa dijadikan lukisan dalam bentuk, teknik, atau media apapun. Piczek adalah seniman profesional dengan gelar di bidang fisika yang telah memenangkan penghargaan internasional untuk melukis dan menggambar figuratif. Dia secara pribadi telah mengeksekusi karya seni di setiap teknik kuno dan modern yang dikenal, termasuk hampir 500 barang berukuran raksasa di bangunan umum di seluruh dunia. Piczek memperingatkan bahwa kain kafan itu tidak boleh diperlakukan seperti lukisan, "Kalau tidak, kita bisa menghancurkan satu-satunya benda di Bumi yang merupakan cetak biru masa depan kosmos.
Baca Juga Misteri Tombak Suci yang Menusuk Lambung Yesus
0 comments
Post a Comment